Love is composed of a single soul in habitting two bodies. When you are in love, never stop thinking of someone you love. Love is hard to get into, but harder to get out of. This blog created by Rina Chen.

Thursday 23 December 2010

Beda Ras

Berbeda ras berarti juga berbeda pola pikir, berbeda bahasa, berbeda cara pandang, berbeda kebiasaan, dan juga berbeda selera.
Disuatu tempat tentunya terdiri dari berbagai orang dari banyak ras/suku. Diskriminasi pun dapat terjadi di tempat tersebut. Saya sebut saja kaum. Kaum minoritas disuatu daerah sering dipandang sebelah mata, pastilah susah jadi orang datangan. Banyak hal sulit yang mungkin akan dialami ketika datang ke tempat orang, apalagi ke tempat yang masih kental dengan rasis. Padahal walaupun berbeda kita itu sama, sama-sama manusia. Bukan hanya ras saja terkadang agama pun menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi pandangan orang kepada kita. Kenapa mesti ada diskriminasi terhadap minoritas di suatu daerah? Kenapa? Apakah merasa tersaingi dengan orang-orang yang tidak sama dengan mu? Apakah cemburu dengan kehidupan yang mereka punya lebih dari mu?

Tau kenapa kaum minoritas terkadang lebih suka berkumpul hanya dengan sesamanya saja?
Itu semua karena dorongan untuk melindungi diri sendiri. Mereka sedikit, karena sedikit itulah mereka terkadang membuat suatu kumpulan tersendiri, jika ada yang memerlukan bantuan ,maka sesama ras yang akan membantu, karena diskriminasi terlalu tinggi jadi ada pertannyaan didalam diri mereka, Apakah ada yang akan bantu mereka jika bukan sesama ras?

Jika kita tinjau lagi, pernakah melihat seorang anak-anak hingga ia remaja pun masih diantar oleh orang tuanya untuk pergi ke sekolah, itu semua dilakukan orang tua sang anak hanya untuk memastikan anaknya sampai dengan selamat ke tempat tujuan. Hal seperti itu sering saya temui di daerah tempat tinggal saya. Orang tua mengantar jemput anaknya, walaupun tidak mempunyai kendaraan pribadi mereka (para orang tua dari ras minoriti) sanggup berjalan kaki hanya untuk mengantar anaknya dan kemudian pulang.

Semestinya diskriminasi disuatu daerah itu jangan sampai jadi kecambuk untuk orang-orang datangan dan dari kaum minoritas, terkadang anak-anak kecill yang tidak bersalah bisa menjadi olok-olokan temanya hanya karena perbedaan ras. Kalau sudah begini mau apalagi?, itulah salah satu faktor yang membuat mereka sering berkumpul hanya sesamanya karena jika bukan sesamanya mau sama siapalagi mereka berinteraksi, mereka tidak diterima oleh masyarakat sekitar.

Janganlah membeda-bedakan ras, jika kamu berada di posisi yang seperti itu, tentunya sangat tidak menyenangkan. Sulit untuk berinteraksi bukan hal yang gampang untuk menjalani aktivitas dalam kehidupan. Buatlah orang nyaman berada di tempat mu, dan mungkin kau pun akan merasa nyaman ditempat orang.

0 comments: